cincin kebesaran

14 Cara Mengatasi Cincin Kebesaran Dan Aksesoris Tangan

Aksesoris yang terlalu besar pasti akan membuat Anda tidak nyaman saat memakainya. Selain itu, Anda akan khawatir kehilangan cincin atau gelang yang Anda kenakan. Daripada tidak dipakai, Anda bisa menggunakan cara berikut untuk mengakali cincin dan aksesoris kebesaran lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak 14 Cara Mengakali Cincin Kebesaran dan Aksesoris Tangan Lainnya di sini.

Bagaimana menangani cincin kebesaran dan aksesoris lainnya

Cincin atau aksesoris yang kebesaran akan membuat Anda merasa kurang nyaman memakainya. Selain faktor rasa nyaman, memakai cincin juga tidak membuat penampilan Anda terlihat bagus. Apalagi jika Anda memiliki cincin emas yang mahal dan tiba-tiba lepas karena ukuran jari Anda lebih kecil dari cincin. Jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana untuk mengatasi cincin kebesaran.

1. Akali cincin kebesaran dengan Band-Aids

Cara ini cukup sederhana dan sering digunakan untuk mengecoh cincin yang terlalu besar. Sebagai opsi langsung, Anda dapat menggunakan selotip untuk mengurangi ukuran cincin. Ini sangat sederhana, Anda hanya membungkus plester di bagian belakang cincin.

Saat memilih tambalan, Anda harus memilih kain. Band-aid yang terbuat dari plastik atau bahan licin lainnya terasa tidak nyaman di jari. Juga, pilih tambalan yang diwarnai agar sesuai dengan kulit Anda.

2. Letakkan lem di bagian belakang cincin yang terlalu besar

Selain plester paris, Anda juga bisa menggunakan lem untuk mengecat cincin kebesaran. Ada berbagai jenis lem yang bisa Anda gunakan. Pertama, Anda bisa mengelabui cincin dengan lem panas atau lem panas. Caranya, Anda tinggal melelehkan lem pada cincin kebesaran tersebut.

Selain lem panas atau lem panas, Anda juga bisa menggunakan lem kayu yang lebih praktis. Karena lemnya bening, bagian yang Anda tambahkan tidak akan terlihat mencolok saat Anda menggunakannya.

3. Rekatkan insulasi bening ke bagian dalam ring

Mirip dengan plester paris, Anda dapat mengisolasi cincin yang terlalu besar. Anda dapat menerapkannya dengan berbagai cara. Cara termudah adalah dengan membungkus insulasi bening di bagian belakang cincin.

Selain metode ini, Anda dapat mengisolasi bagian dalam cincin. Caranya adalah dengan memotong solnya sesuai dengan lebar ring lalu rekatkan ke bagian dalam ring secara melingkar. Metode kedua ini biasanya lebih bersih daripada membungkus insulasi di sekitar cincin. Namun cara ini kurang nyaman dan bisa membuat cincin semakin licin.

4. Oleskan cat kuku ke cincin

Mengoleskan Cat Kuku pada Cincin Cara Mengakali Cincin Kebesaran
Anda dapat membuat cincin lebih kecil dengan mengoleskan cat kuku. Metode ini mirip dengan menambahkan lem ke cincin. Agar tidak merusak warna asli cincin, pilihlah cat kuku dengan warna bening atau senada dengan cincin.

Oleskan cat kuku pada bagian cincin yang terlalu longgar. Tunggu hingga cat kuku mengering, lalu coba cincin. Jika masih terlalu besar, oleskan lapisan cat kuku lagi ke bagian dalam cincin.

Ulangi metode ini sampai cincin terpasang sempurna di jari Anda. Kekurangan dari cara ini adalah prosesnya memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan menggunakan lem. Anda juga memerlukan larutan penghapus cat kuku jika ingin membersihkannya.

5. Tumpuk aksesoris tangan yang terlalu besar

Susun Aksesoris Tangan Kebesaran Cara Mengakali Cincin Kebesaran
Jika cincinnya terlalu besar, Anda bisa menumpuknya dengan cincin yang lebih kecil. Dengan cara ini cincin yang lebih kecil dapat menahan cincin yang lebih besar. Anda dapat menggunakan metode ini tidak hanya pada cincin tetapi juga pada gelang yang terlalu besar.

Jika Anda ingin menggunakan gelang yang terlalu besar, Anda bisa menggunakan gelang yang lebih kecil untuk menahannya. Anda juga bisa mendapatkan tampilan yang berbeda dengan cara ini. Misalnya, Anda bisa mendapatkan nuansa bohemian dengan cincin dan gelang bertumpuk.

6. Gunakan silikon untuk mengakali cincin yang terlalu besar

Inilah produk lain yang dapat membantu Anda mengakali cincin yang terlalu besar. Anda bisa menggunakan silikon. Jenis silikon apa yang bisa Anda gunakan?

Nah, biasanya ada lem yang terbuat dari silikon, yang biasanya digunakan untuk menyegel akuarium. Agak aneh memang, tapi tentu saja Anda bisa menemukannya di toko-toko akuarium. Jika Anda merasa lemnya tidak bisa menempel, Anda bisa mencoba silikon.

Pada dasarnya sama dengan perekatan. Tekstur silikonnya sama, berubah dari cair menjadi kental. Warnanya juga sama-sama transparan lho.

7. Anda juga dapat menggunakan pegas pada pin untuk cincin besar Anda

Anda juga dapat menggunakan pin pada pin untuk cincin kebesaran Anda. Cara Mengakali Cincin Kebesaran
Terkadang Anda memiliki pena yang tidak bisa lagi digunakan untuk menulis, tetapi Anda tidak punya waktu untuk membuangnya. Nah, jika pulpen memiliki pegas, kamu bisa menggunakannya untuk mengecilkan cincin yang kebesaran, nih. Sangat mudah bagi Anda untuk melepas ujung pena dari pena Anda terlebih dahulu. Setelah loop ini dan kaitkan bulu di bagian belakang cincin Anda. Sangat mudah, bukan?

8. Selain untuk penyekat, benang juga bisa digunakan lho!

Selain isolasi, benang juga bisa digunakan lho! Cara Mengakali Cincin Kebesaran (Foto: Pexels)
Selain insulasi yang dapat digunakan untuk mengecilkan ring, Anda juga dapat mengubah caranya dengan menggunakan benang. Caranya hampir sama, yaitu dengan penggunaan insulasi. Langkah pertama adalah Anda bisa terlebih dahulu mengaitkan ujung benang di bagian belakang cincin.

Ikat di sepanjang bagian belakang sampai cukup tebal sehingga cincin tidak lagi longgar. Cukup potong dan selesai. Untuk membuat benang lebih tidak terlihat, Anda dapat mencoba metode ini dengan benang putih.

9. Apakah Anda memiliki ban bekas? Coba ban karet bekas!

Cara mengecilkan ring selanjutnya adalah dengan menggunakan ban karet bekas. Item ini mungkin agak sulit ditemukan. Tapi kalau punya, bisa buat ban karet dari motor atau mobil bekas, lalu ambil sedikit saja.

Cara ini mungkin terlihat lebih sulit untuk dicoba, tetapi karet ban bekas memiliki keunggulan tahan air dan cepat kering, sehingga lebih aman untuk ring yang dipakai sehari-hari. Jika Anda tidak memiliki ban karet, Anda dapat mencoba menggunakan spons atau alas sepatu. Namun sayangnya kedua artikel tersebut tidak tahan air.

Langkah pertama dalam menggunakan karet ban bekas adalah dengan memotong karet ban sesuai dengan sisi kiri dan kanan ring. Kemudian rekatkan ban karet ke samping. Anda dapat mengatur jarak longgar pada cincin, jika hanya satu sisi cincin yang tidak longgar, Anda tidak perlu menempelkannya di sisi lainnya.

10. Dukungan dering yang dapat Anda beli dari toko online

Anda dapat membeli dukungan cincin dari toko online. Cara mengakali cincin yang terlalu besar
Selain menggunakan berbagai barang yang bisa digunakan di rumah, ada cara cepat yang bisa Anda pilih dengan membeli ring support yang tersedia di pasaran. Ada dua jenis dudukan cincin yang dapat dipilih.

Terdapat sumbat cincin yang berbentuk seperti bulu yang bisa Anda lilitkan di sisi cincin. Namun selain itu ada juga ring stopper yang memiliki bentuk menyerupai selang karet dengan model split yang bisa Anda pasangkan di bagian belakang ring.

11. Cable ties juga bisa jadi pilihan

Ikatan kabel juga bisa menjadi pilihan. Cara Mengakali Cincin Kebesaran (Foto: Bukalapak)
Zip ties atau ikatan zip juga bisa menjadi pilihan untuk mengecilkan cincin yang longgar. Yang harus Anda lakukan adalah memilih ukuran pengikat kabel terkecil. Pilih warna transparan agar tidak terlalu terlihat.

Potong pengikat kabel sesuai dengan ukuran cincin. Kemudian masukkan dasi zip ke bagian belakang cincin dan rekatkan di tempatnya agar tidak bergerak. Beberapa ikatan kabel memiliki permukaan yang halus dan permukaan yang kasar. Pastikan Anda menggunakan permukaan yang halus di bagian luar (yang bersentuhan dengan jari Anda) sehingga lebih nyaman dan kecil kemungkinannya untuk menyebabkan cedera, oke?

12. Cincin dapat dipotong oleh seorang profesional

Cincin bisa dipendekkan oleh ahlinya Cara mengelabui cincin yang terlalu besar (Foto: Pexels)
Selain metode di atas, satu-satunya pilihan adalah membawa cincin besar Anda kembali ke bengkel untuk dipotong. Ya, jika cincinnya terlalu besar, Anda dapat memotong dan memotong logamnya, lalu bergabung kembali.

Sebisa mungkin untuk memastikan penyedia melakukan pekerjaan pemotongan dengan baik. Karena terkadang saat cincin dipotong dan disambung kembali, sambungan menjadi lebih rapuh. Keterkaitan itu kerap terlihat bahkan merusak penampilan mereka.

13. Gunakan palu untuk memperbesar cincin

Sebelum memperbesar cincin dengan palu, Anda membutuhkan mandrel cincin terlebih dahulu. Mandrel cincin adalah corong logam yang digunakan untuk mengukur cincin.

Mulailah dengan melumasi cincin dengan sabun dan memasukkan cincin ke dalam mandrel cincin. Ketuk cincin dengan lembut dan perlahan dengan palu. Pukul dengan gerakan ke bawah untuk mendorong cincin lebih dalam ke mandrel. Ini secara bertahap akan membuat cincin lebih besar dari ukuran aslinya.

14. Mengurangi ukuran cincin dengan tang

Saat memakai cincin, tandai bagian tengah lingkaran cincin. Anda dapat membuat tanda dengan spidol. Gunakan tang atau pemotong kawat untuk memotong tanda yang baru saja Anda buat. Biasanya, cincin baja tahan karat jauh lebih fleksibel dan teksturnya lebih ringan, sehingga lebih mudah dipotong dengan tang.

Cari tahu beberapa cincin yang tidak dapat diubah ukurannya di sini!

Beberapa Cincin Yang Tidak Bisa DiUbah Ukurannya Cara Mengakali Cincin Yang Kebesaran (Foto: Pexels)
Pilihan cincin harus dipertimbangkan dengan cermat. Ada juga beberapa model cincin yang tidak bisa diubah ukurannya jika terlalu besar. Karena mengubah ukuran sebenarnya dapat merusak cincin. Mari kita lihat beberapa model cincin berikut ini:

– Titanium, stainless steel, cincin tungsten, yang tidak dapat diubah ukurannya karena bahannya tidak tersedia dari bahan dasarnya.

– Cincin dengan batu permata atau berlian justru merusak keseimbangan komposisi batu permata dan material saat berubah. Tapi untuk mengurangi slacknya, daripada merusak gem, mungkin bisa ditambahkan saja.

– Ring shank yang terbuat dari kayu atau kuarsa kehilangan fleksibilitas saat diubah ukurannya dan mengurangi kualitas susunannya. Perubahan ini juga bisa menghilangkan rasa harmoni pada batu-batu pusat.

Mudah untuk dipraktekkan bukan? Baca terus artikel lainnya di zaskiasungkarhijab.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.