Simak 10 Aturan Fashion Hijab untuk Wanita Gemuk dan Pendek

Menemukan gaya busana hijab baik untuk wanita gemuk maupun pendek memang sulit, namun bukan berarti tidak ada tips dan triknya. Apakah Anda salah satu wanita yang kurang percaya diri karena memiliki tubuh yang gemuk dan pendek? Terlepas dari bentuk tubuh Anda, setiap orang memiliki pesonanya sendiri. Namun, masih banyak wanita gemuk dan pendek yang merasa kurang percaya diri. Sebagai seorang wanita, Anda tentu ingin tampil cantik dan sempurna, bukan?

Padahal, pakaian bisa membantu menutupi bagian tubuh yang tidak kita sukai, entah itu perut yang buncit atau betis yang besar. Yang terpenting adalah memilih model pakaian yang tepat agar terlihat pas di badan dan lebih stylish.

Ini dia tips fashion hijab untuk wanita gemuk dan pendek

Tubuh yang gemuk dan kecil seringkali menjadi kendala bagi banyak wanita saat memilih pakaian. Rasa percaya diri sering turun saat melihat wanita lain yang memiliki tubuh lebih proporsional. Sebagai wanita, kita harus tetap percaya diri dan mencintai tubuh kita apa adanya.

Jangan khawatir, meski gemuk dan pendek, kamu tetap bisa tampil cantik dan modis. Ada tips dan trik memilih baju agar tubuh gemuk dan pendek bisa tampil lebih langsing. Nah, agar kamu tidak salah dalam memilih baju, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tips dan trik fashion hijab untuk kamu yang memiliki tubuh gemuk dan pendek, ya!

1. Pilih model rok di A-line

Pilih rok A-line (Foto: Instagram/@fairuzlatip) Pilih rok A-line (Foto: Instagram/@fairuzlatip)
Untuk mendapatkan efek tubuh yang lebih ramping, hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat, seperti B. figure-hugging dress dan rok stretch. Anda bisa memilih model rok A-line atau potongan yang lapang untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping dan tinggi. Selain itu, rok A-line tetap membuat Anda tampil feminim tanpa menyulitkan Anda untuk berjalan.

2. Hindari garis-garis horizontal

Hindari garis horizontal (Foto: Instagram/@ntshandya) Hindari garis horizontal (Foto: Instagram/@ntshandya)
Busana bergaris memang sedang menjadi tren dan bisa membuat penampilan Anda semakin menawan. Namun, hindari mengenakan pakaian dengan garis-garis horizontal. Sebaiknya pilih motif garis vertikal, yang bisa memberikan ilusi tubuh lebih ramping dan tinggi. Ingat, baju dengan garis-garis horizontal bikin kamu terlihat lebih pendek dan gemuk, lho.

3. Pilih model baju dengan potongan pinggang

Pilih model baju dengan potongan di pinggang (Foto: Instagram/@kemalasari) Pilih model baju dengan potongan di pinggang (Foto: Instagram/@kemalasari)
Jika ingin mengenakan gaun, ada tips untuk mendapatkan efek tubuh yang lebih ramping, yaitu dengan mengenakan gaun yang memiliki potongan di bagian pinggang. Model baju seperti ini bisa menutupi perut, membuat Anda terlihat lebih langsing.

4. Gunakan celana atau rok berpinggang tinggi

Gunakan celana atau rok dengan pinggang tinggi (Foto: Instagram/@douxsarah) Gunakan celana atau rok dengan pinggang tinggi (Foto: Instagram/@douxsarah)
Untuk memotong kaki pendek yang tebal, pilih model berpinggang tinggi atau potongan berpinggang tinggi. Celana dan rok berpinggang tinggi menciptakan ilusi pinggul yang lebih tinggi, membuat kaki Anda tampak lebih panjang. Pilih rok atau celana yang memiliki pinggang lebih tinggi dari pinggang Anda. Jangan ragu untuk bermain dengan motif dan warna yang akan membuat penampilan Anda semakin stylish.

5. Pilih baju dengan motif kecil

Pilih pakaian dengan cetakan kecil (Foto: Instagram/@iyzaaryff) Pilih pakaian dengan cetakan kecil (Foto: Instagram/@iyzaaryff)
Untuk memberi kesan tubuh lebih ramping, busana dengan motif kecil bisa jadi andalan. Hindari memakai motif yang terlalu besar karena justru bisa membuat Anda terlihat “tenggelam” dan lebih gemuk. Akan lebih baik lagi jika Anda mengenakan pakaian dengan siluet sederhana agar tubuh tidak terlihat lebih besar.

6. Kenakan pakaian berwarna gelap

Pakai baju gelap (Foto: Instagram/@nazirahashari) Pakai baju gelap (Foto: Instagram/@nazirahashari)
Pakaian berwarna gelap memberikan ilusi menjadi lebih ramping pada tubuh Anda. Warna gelap tidak memantulkan cahaya yang diterima, oleh karena itu pakaian berwarna gelap tidak menimbulkan bayangan yang menciptakan ilusi tubuh yang lebih besar. Warna gelap juga bertujuan untuk menyembunyikan bayangan dari setiap lipatan tubuh dan membuat siluet tubuh tampak lebih ramping dan lebih panjang.

7. Dengan ikat pinggang

Dengan sabuk (Foto: Instagram/@nazirahashari) Dengan sabuk (Foto: Instagram/@nazirahashari)
Bagi Anda pengguna hijab yang gemuk, ikat pinggang bisa menjadi teman yang baik karena membuat perut terlihat lebih ramping. Namun, Anda harus tahu bahwa memilih ikat pinggang yang salah bisa membuat perut dan pinggang Anda tampak gemuk.

Ikat pinggang membantu membagi tubuh Anda menjadi dua bagian, yaitu atas dan bawah, sehingga membuat Anda terlihat lebih tinggi dan langsing. Karena itu, Anda harus memilih ikat pinggang yang sempit. Hindari ikat pinggang lebar dengan gesper besar karena akan menarik semua perhatian ke area perut Anda.

8. Gunakan pakaian luar yang panjang agar sesuai dengan bentuk perut atau pinggang Anda

Gunakan outerwear panjang untuk menyesuaikan bentuk perut atau pinggang (Foto: Instagram/@iyzaaryff) Gunakan outerwear panjang untuk menyesuaikan bentuk perut atau pinggang (Foto: Instagram/@iyzaaryff)
Biasanya wanita berhijab yang memiliki tubuh gemuk dan pendek memiliki payudara yang besar. Selain itu, bentuk pinggang dan perut juga terlihat lebih besar dibandingkan bentuk tubuh lainnya.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengandalkan pilihan busana untuk orang gemuk yang mengenakan hijab, seperti outerwear, cardigan, atau blazer panjang. Kuncinya adalah memakai pakaian luar yang tidak terlalu ketat atau terlalu besar.

9. Hindari pakaian kebesaran

Hindari memakai pakaian kebesaran (Foto: Instagram/@iyzaaryff) Hindari mengenakan pakaian kebesaran (Foto: Instagram/@iyzaaryff)
Penting untuk mempertimbangkan pemilihan model dan ukuran pakaian yang cocok untuk wanita gemuk dan kecil. Salah satunya adalah menghindari pakaian kebesaran. Kami menganjurkan Anda untuk mengenakan pakaian yang pas tetapi tidak ketat di tubuh. Untuk mengatasi pakaian kebesaran yang terlalu longgar, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan outerwear atau ikat pinggang untuk menambah lekuk tubuh Anda.

10. Hindari blus dengan ruffles

Hindari blus dengan aksen ruffle (Foto: Pinterest) Hindari blus dengan aksen ruffle (Foto: Pinterest)
Biasanya hijabers suka memakai atasan dengan detail ruffle atau lipit untuk mempermanis gaya hijab. Namun, wanita dengan perawakan montok dan pendek harus menahan diri dari blus wanita dengan aksen ruffle. Dengan busana yang memiliki aksen ruffle, postur hijaber terlihat lebih berisi dan area dada terlihat lebih berisi.

Sekarang Anda tidak perlu merasa minder dengan bentuk tubuh Anda, bukan? Saatnya tampil percaya diri, deh!

Baca terus lengkapnya di zaskiasungkarhijab.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.