sejarah daster

Sejarah daster dan evolusinya dari waktu ke waktu

Tak hanya ibu rumah tangga, yang kini mengenakan daster dalam kesehariannya. Bahkan pekerja wanita yang menjalani pekerjaan rumah (WFH) pun kerap memakai daster untuk beraktivitas dan bekerja. Padahal, dari sudut pandang psikologis, daster lebih cocok untuk bersantai di rumah daripada untuk pekerjaan kantor, karena mempengaruhi suasana hati dan kinerja. Daster yang dikenal sebagai baju tidur ibu sudah mulai mengembangkan desain dan model yang lebih modern, lho. Bagaimana dengan sejarah perkembangan desain daster dari waktu ke waktu?

Ini dia sejarah daster dan perkembangannya

Sejarah daster dan perkembangannya (Foto: BukaReview/Hanafi) Sejarah daster dan perkembangannya (Foto: BukaReview/Hanafi)
Daster adalah gaun longgar dan berpotongan panjang, biasanya dengan lengan pendek atau tanpa lengan untuk lebih banyak kebebasan bergerak. Kalau soal baju tidur, kamu lebih suka pakai daster atau piyama? Mungkin kebanyakan remaja putri memilih piyama karena desainnya yang modern dan tidak terlihat “mama”.

Tapi jangan salah! Model daster terbaru baru-baru ini menawarkan koleksi daster yang tidak kalah modis dan menarik. Anda bahkan bisa tampil percaya diri dan merasa cantik di rumah dengan mengenakan daster.

Fakta tentang daster tua dan pakaian koboi

Anda pasti tahu bahwa kata negligee yang dikenal sebagai akar kata bahasa Indonesia ini berasal dari serapan bahasa Inggris, yaitu kehitaman. Duster adalah jubah panjang yang terbuat dari kain yang ringan dan dengan ukuran yang santai.

Pada awalnya, daster bahkan tidak dikenal sebagai pakaian wanita. Pada abad ke-19 di Amerika Serikat, koboi mengenakan gaun berkancing yang berfungsi sebagai atasan untuk melindungi tubuh dari debu atau kotoran. Baju tidur dulunya terbuat dari linen atau parafin, yang tahan air dan cocok sebagai jas hujan.

Pada abad ke-19 hingga ke-20, daster akhirnya dipakai oleh pria dan wanita sebagai pakaian saat mengemudikan mobil dan motor terbuka. Pada akhir abad ke-20, daster tumbuh di industri mode dan hiburan Amerika Serikat. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan daster di beberapa film koboi ternama seperti “The Good, The Bad, and The Ugly” dan “Once Upon a Time in The West”.

Pada 1950-an, model daster dengan desain sederhana dan panjang selutut semakin populer. Masih berfungsi sebagai atasan, daster memiliki aksen kancing di bagian depan dan digunakan untuk melindungi pakaian saat memasak atau membersihkan rumah. Selama tahun 1970-an, desain daster dibuat menyerupai kardigan oleh beberapa rumah mode terkenal seperti Yves Saint Laurent, Halston, Betsey Johnson dan Pierre Cardin.

Daster sebagai pakaian rumah yang populer untuk wanita Indonesia

Daster sebagai pakaian favorit wanita Indonesia (Foto: Instagram/@wendaddict27_) Daster sebagai pakaian favorit wanita Indonesia (Foto: Instagram/@wendaddict27_
Bagi masyarakat Indonesia, daster umumnya dipakai oleh wanita. Daster telah menjadi pakaian yang populer tidak hanya di kalangan kelas bawah atau “ibu”, tetapi juga di antara berbagai kelompok wanita dari kelas menengah ke atas. Di Indonesia daster terbuat dari bahan yang ringan, adem dan keren untuk dipakai sehari-hari. Produksi daster dari Yogyakarta, Solo hingga Jakarta menghadirkan daster katun dengan motif batik, tenun atau dengan teknik digital printing dengan pola yang lebih modern seperti motif bunga cerah, geometris atau abstrak.

Di awal tahun 2015, perkembangan model daster terbaru semakin meningkat, terutama saat dikenakan oleh para selebriti Indonesia dalam kesehariannya, seperti Sarwendah dan Ashanty. Sejak pandemi 2020, desain daster dengan potongan pola yang berbeda mudah ditemukan di pasaran. Ada yang berbentuk abaya, gaun panjang hingga piyama longgar. Selain modelnya yang lebih menarik, harga daster juga tidak terlalu mahal untuk dibeli sebagai pakaian sehari-hari.

Itulah beberapa fakta dan sejarah daster yang mungkin belum Anda ketahui. Apakah Anda sudah memiliki daster untuk melengkapi gaya sehari-hari Anda?

Baca terus di zaskiasungkarhijab.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.